Monday 18 August 2008

french...francais, furansugo, bahasa perancis, pelajaran paling susah

di kelas 3 ini gw dapet mata pelajaran baru yang mengejutkan. bahasa perancis.
sebelumnya di sekolah gw perancis cuma buat anak2 ips. anak2 ipa ga dikasih perancis karena pelajarannya udah padat banget...dan kayaknya memang ga ada hubungannya sama ipa deh. sekarang gw heran, kenapa baru kelas 3 ini bahasa perancis diadakan? untuk mengisi kekosongan jam?
gw pikir bahasa perancis itu keren. artistik. rasanya 'mewah' gimana gitu...lidah keriting, bunyi sengau, penulisan artistik... negaranya pun keren! lagian keren kalo gw bisa bahasa perancis juga. gw jadi bisa 4 bahasa. inggris, indonesia, jepang, perancis.
tadinya bahasa perancis cuma ekskul pilihan. gw pernah ikut semester 2 kemaren, tapi gara2 olimpiade akhinya gw ngga ada dasar apa-apa buat belajar perancis....bwaahhaahhaahaha. akhirnya minggu lalu gw dengan antusias masuk ke kelas bahasa perancis.

ternyata keluar-keluar dari kelas perancis gw sakit kepala...

gw ga ngerti gurunya ngomong apa, dan mau nanya pun gw bingung mau nanya apa kecuali 'gimana kalo diulang semua miss?' yang mungkin bakal bikin miss nya melotot ke gw sambil bilang 'yang bener aja kamu!' gw emang ga bakal fokus kalo pelajaran2 uda gini rumit. tau2 bisa 'ngilang' sendiri gw dan begitu sadar: hah? apaan tuh?
parah parah. menurut gw, bahasa perancis ini bahasa paling susah yang pernah gw coba pelajarin. tata bahasanya rumit kebanyakan aturan, ada bahasa feminine dan masculine, kata kerja regular yang sebetulnya ga ada regular-regularnya (apalagi yg iregular), cara baca yang mengusutkan lidah dan pikiran, sekaligus kaset percakapan yang kedengaran kayak direkam dari dunia lain... alemongadeuwuitongmadmosee? wahai, bertobatlah yang menciptakan bahasa ini!
memang gw ga gitu minat banget di bidang ginian kecuali gw emang butuh. bakat gw juga bukan di bidang bahasa...

BUKTI KONGKRIT: gw ngerasa lebih sakit kepala waktu keluar dari ruang bahasa perancis dibandingin sama waktu keluar dari ruang math.

pelajaran perancis juga jadi waktu yg tepat untuk merenungkan semua impian2 gw... (sama kayak di pelajaran pkn)
... butuh bakat bahasa yg besar buat mengerti bahasa perancis...

siapa bilang pelajaran bahasa itu gampang?

berhari-hari setelah pelajaran perancis berlalu, rekaman kaset percakapannya masih melekat di otak gw (meskipun gw ngga ngerti apa yang dipercakapkan)


minggu depan ada quiz pula...duh, tak tahan! malas kali! tak usahlah kuis kuisan...

No comments: