Friday 5 September 2008

kalo presentasi jangan norak

kelas gw bukan kelas yang jelek2 banget. isinya anak pinter dan rajin belajar semua (termasuk gw dong...)
sebetulnya lumayan kompak malah. tapi namanya kelas lah. ada satu kekurangan kelas gw yang lumayan menyebalkan. di jam presentasi. apalagi presentasi pelajaran-pelajaran semacam pkn, sejarah, agama...
jam presentasi tugas itu jam paling panjang.
biasanya guru sejarah/pkn gw ngasih tugas diskusi kelompok, nanti hasil diskusinya dipresentasikan ke depan kelas. audiens boleh nanya, aturannya makin banyak nanya makin plus-plus nilainya. disini nih yang payah. anak2 kelas gw bersemangat banget buat dapet nilai plus2. mereka suka sengaja banget nanya-nanya ke orang yang presentasi. mending pertanyaannya mutu. kadang orang presentasi 3 menit doang bahannya dikit, sesi pertanyaannya bisa 10 menit lebih. jadinya lebih mirip debat sebetulnya.

presentasi di kelas= debat. debat di kelas=ajang saling menjatuhkan

buat gw, yang dipresentasiin uda jelas n ga perlu dipertanyakan lagi. jadi ngapain ditanyain?
bukan cuma gw yang mikir gini. tanpa ada perjanjian tertulis, kelas gw otomatis sepakat kalo penanya dalam ajang presentasi disebut 'penyerang'.
kebanyakan penanya menanyakan sesuatu yang udah jelas kebenaranya dan sebetulnya dia sendiri uda tau jawabannya atau malah ga penting buat ditanyain. kayak kmaren.contoh kecil aja. demi poin, temen gw tunjuk tangan n nanya 'apa arti kapitalisme?' bukannya itu sama aja sama nanya 'ikan hidup dimana?' emang kita kelas berapa sampe kapitalisme doang kita mesti nanya maksudnya apa? apa ga malu nanya kayak gitu?
males banget kan. lain soal kalo yang nanya tapi uda tau jawaban itu gurunya (itu kan tugas guru buat menguji murid...)
penanya2 ini, temen2 sekelas dari orang malang yang presentasi di depan dengan kejamnya mencari celah kesalahan kata2 atau kesalahan apa saja dalam presentasi dan menyebutkannya dengan lantang untuk membuat diri sendiri kelihatan pintar (dengan poin plus juga). misalnya,

penanya: kok kejadian x dianggap menguntungkan?
presenter: hm...sebentar... karena kejadian x itu membuat bla3 jadi bla3, sehingga bla3.
penanya: tapi di kalimat anda yang sebelumnya anda mengatakan ble3 ble3, kok sekarang berubah jadi bla3 bla3?
presenter: eh... itu...begini loh (keringat dingin)
penanya: harusnya kejadian x dianggap menguntungkan karena ini, itu, ini, itu, bukan karena ble3 atau bla3!

sampe situ, tok. masih wajar sih. koreksi biasa kan? jadi orang harus mau dikoreksi. dan emang gampang buat koreksi orang lain.
masalahnya, selanjutnya apapun yang dikatakan sama presenter selalu disanggah, dibantah, dan diprotes sama penanya sampe presenter bengong secara abis ngasi koreksian itu penanya ga berhenti2 nanya hal2 lain yang berhubungan dengan pertanyaan pertama. sejujur2nya, muka penanya2 ini jadi keliatan 100x lebih nyolot dari biasanya kalo lagi nanya2. terutama senyum2nya. senyum puas penuh kemenangan dengan ekspresi muka 'poin gw makin banyak deh!'
jelas2. koreksi terhadap presentasi bukan untuk membuka kebenaran. koreksilah orang lain kalo mau dapet poin!
apa segitu pentingnya nilai plus sampe orang rela ngejatohin temennya sendiri? apa gurunya nyadar dy ngasih nilai berdasarkan mampu tidaknya muridnya menjatuhkan temennya sendiri? kenapa penanya2 ini bertindak seakan2 mereka lebih pinter dari yang presentasi? kampungan banget!
gw juga ambisius kayak mereka2, gw pengen dapet poin bagus juga, tapi ga gitu caranya...gw sih malu dapet poin bagus dari hasil nginjek2 orang lain...poin haram! ARGH! racun! bertobatlah kalian semua! belajar dari buku 'how to properly behave and grow good manners in a panel discussion' (kayaknya ga ada buku kek gitu)


yah...
mungkin lebih baik daripada yang presentasi di depan dicuekin...

No comments: