Thursday 17 July 2008

pengalaman seleksi olimpiade!

biar enak critanya pake bahasa indonesia aja ya.

tahun 2008 ini lumayan sibuk bwt gw...hueh...masuk2 semester 2, gw ditawarin ama guru kimia gw (bukan ditawarin, setengah dipaksa juga) buat ikut seleksi olimpiade kimia tingkat kota/kabupaten. gw dengan senang hati menyambut. tahun lalu waktu kelas X juga gw pernah ikut seleksi buat matpel biologi (ini lantaran waktu kemarennya ada tes MOSI gw peringkat 2 dari semua peserta2 biologi sekolah-sekolah daerah cikarang meskipun nilainya...yah begitulah), tapi gagal-di-tingkat-kota/kabupaten...namanya juga masih kelas 1 (sok pinter lg). waktu itu gw cuma disodorin setumpuk buku biologi dan disuruh baca sendiri. tobat deh. bukunya tebel, isinya penuh dengan hal2 asing,... -_-"

...parahnya, ga ada bimbingan dari guru biologi. ada sih kadang2 beberapa kali. tapi itupun gurunya buru2 gt deh...
tadinya tahun ini gw mao disuruh ikut bio lagi...tapi entah kenapa berakhir dengan ikut seleksi matpel kimia... (bingung? padahal kayaknya kalo gw ikut biologi bisa sedikit lebih sukses dari ikut kimia karena uda punya gambaran apa aja yang dipelajarin dari tahun lalu)
abisnya ga ada yg mau mengorbankan diri buat ikut seleksi2 gitu lagi... tahun 2008 itu jamannya bikin KARYA ILMIAH buat angkatan gw. KARYA ILMIAH yang bikin murid2 menangis darah, rontok rambutnya, yang bikin murid2 sains sukses mengejar pimpinan project sains==> guru kimia... buat mengejar tanda-tangan artis yang terus berkata "no comment. ulang proposal kamu. ini invalid. hei, sampulnya ngga begini. ulang. kok bolpennya warnanya gini? saya gak mau acc kalo warnanya gini. cari bolpen lain dulu. ulang. kamu, rapikan dasi kamu dulu baru saya acc. bla3"
bwakakakakakakkakakakakakakakakkakaakak! kalo inget lucu banget. makanya gw tulis disini.
gara2 itu dan faktor2 x...akhirnya gw yg ikut seleksi kimia, dan ga ada yang ikut seleksi biologi...

akhirnya sepanjang semester 2 kelas XI gw mengorbankan jam ekskul gw buat belajar kimia. kadang diajarin guru kimianya langsung, kadang diajar kakak kelas yang tahun lalu peserta (pinter bngt tuh.) ...ekskul gw sebenarnya french. tapi di ekskul gw pelajarin kesetimbangan kimia, koligatif larutan, oksidasi alkanol, turunan2 benzena..........ga percuma. akhirnya gw lolos ke propinsi meskipun gw ngerjain soal seleksi kabupaten dalam keadaan pilek berat...yg menyebabkan banyak salah baca soal PG! huaaaaa! waktu nunggu pengumuman yang lolos itu gw uda madesu aja, lantaran PG gw setengahnya ngawur gara2 ceroboh. murni. ceroboh. satu yang paling gw inget: sebutkan jumlah isomer2 C8H16. naasnya gw baca C8H16 jadi C6H16. naasnya lagi, jawabannya ada di pilihannya...
oleh sebab itu gw cuma dapat peringkat 4 se kabupaten bekasi. beda nilai peringkat 1-6 tipis2 banget...kecuali gap peringkat 1 dan 2. fiuhhhhhhh. gw lolos karena hoki...coba kalo peserta yg lolos maksimal 3 orang... bisa nangis kimos gw smbil menyesali betapa cerobohnya diri ini~
Tuhan masi ngasi gw kesempatan!

selama 10 hari gw ikut pembinaan di sekolah lain bareng 5 orang lainnya, dan itu ngambil jam pelajaran. Padahal akhir mei itu musim2nya ulangan, revisi project, ulangan blok... uda pasrah aja dah gw. kesempatan gw buat usaha sebagus2nya buat seleksi propinsi cuma sekali itu aja. tahun depan uda ga ada kesempatan buat gw lagi, gw uda kelas 12.
tanggal 2 juni gw berangkat ke bandung bareng temen2 1 tim kimia. mereka anaknya baik2 loh. hoohohhohoho... tes seleksinya tanggal 3 juni. tes nya, kalo menurut gw, gampang. macam ulangann harian yang biasa dikasih guru kimia gw lah, cuma lebih susah sedikit.gw ga bisa 3 nomor dari 30. essay cuma ga bisa satu nomor dari 9 nomor... yang bikin gw heran, selama 3 jam itu gw segitu enjoynya (atw stres?) ngerjain soal sampe waktu selesai rambut gw tau2 uda bertebaran di meja... (gyaaa! mengerikan!)
waktu gw balik dari bandung, gw berubah mikirin nasib gw yang harus menyelesaikan belasan ulangan dalam waktu 1 minggu............................


meskipun akhirnya ga lolos ke nasional (hiks...gw uda curiga emang ga lolos karena guru kimia gw ga ngasitau apa2, padahal OSN bakal diadain tanggal 8-15 agustus 2008) gw banyak dapet hal 'baru' selama 6 bulan itu.
-seperti entry sebelumnya: tanpa kekasih belajar berjalan lancar! hahahahahaha!
-sopan+respek sama guru. gw kagum lihat bagaimana bedanya anak2 dari sma2 yang notabene 'memegang tradisi indonesia' dengan anak2 sekolah gw dalam hal memperlakukan gurunya. mereka setiap ketemu sama gurunya selalu cium tangan. datang masuk ke kelas cium tangan. meninggalkan kelas juga cium tangan. gw kagok-kagok juga karena dari 6 orang satu tim, cuma gw yang ga punya kebiasaan gitu! mereka juga berbicara sama gurunya...aduh sopan sekali. meskipun mungkin guru itu uda kayak temen mereka, meskipun guru itu mungkin nyebelin n ga becus ngajar, tapi mereka masih respek sama guru sebagaimana mestinya. gw kagum banget sama mereka. bedanya dengan kita yang 'berbudaya lain', kita lebih cenderung buat jadi ngga punya respek sama guru. kita cenderung anggap 'guru yang butuh kita, orang kita yang bayar sekolah'. oops. sadar. yang bayar uang sekolah masih ortu kalian nak! kita yang butuh guru. gimana klo sekolah lo ga ada guru? dan lagi guru itu ga butuh kita, wong guru pengalamannya lebih banyak. kita yang masih bego. guru tamat sarjana. kita? tamat sma juga belon! guru juga manusia...gw yakin senyolot2nya guru, betapapun tampangnya minta ditonjok, guru itu selalu harapin semua muridnya berhasil. betul? jadi ...mari jadi orang yang lebih 'berbudaya indonesia'.
-gw uda selesai belajar semua materi kimia kelas 1-3. yay! ntar kelas 3 gw bisa lebih fokus ke persiapan masuk PTN. gw bakal coba ambil jurusan kedokteran UI...atau mungkin teknik kimia ITB. amin.
-masih ada langit...di atas langit! gw bisa ngerjain soal bukan jaminan gw bakal lolos...haaaahh...
-tadinya gw benci-banget-banget ama kimia. waktu kelas X aja gw remed terus.soal ulangannya susah2 (gw pernah ngegap gurunya ambil soal ulangan dari soal seleksi olimpiade propinsi). gurunya ngajarnya cepet lg. gw nyaris ogah masuk ipa gara2 kimia yang begitulah...tapi ternyata sesuatu yang bener2 gw ngga sukain bisa jadi sesuatu yang bener2 gw suka karena gw menemukan pelajaran ini sebagai tantangan, bukan penghambat gw dapet rata2 85 di rapor. untung gw masuk jurusan ipa...kalo ngga cerita ini ngga bakal ada...!



(ngomong2 soal rapor, gw kaget waktu liat ekskul gw ditulis di rapor bukan french. ekskul sains! gw satu2nya peserta pertama ekskul sains!)

2 comments:

th3o said...

WOW
u pinter banget

gile

bisa masuk sekabupaten

wa aja ikut osn eko akun
gk masuk T_T

lagian aneh2 aja gurunya

masa 2 hari sebelum OSN baru di kasih tau

mpe gila belajar gk efek T_T

Faa'izah Abiyyah Rihhadatul'Aisy said...

kak aku mau tanya dong? kakak tinggal dan kuliah dimana sekarang?