Friday 5 September 2008

pertanyaan-pertanyaan tidak terjawab -_-" omongan ngawur pukul 2 pagi bagian I

bagian otakmu yang mana yang paling dominan? kanan? kiri?
otak kiri: logika, konkrit, matematis
otak kanan: abstrak, imajinatif, berkaitan dengan emosi
dalam masalah kemampuan akademis, otak kanan-kiri gw nyaris berimbang. sains-logika? oke.visual art? oke. gw sangat menghargai art. bangun ruang? oke. olahraga? oke banget dong. bahasa? oke. yang bener2 payah itu musik.
di luar itu, otak kiri gw lebih dominan.
gw punya semua ciri dari orang berotak kiri, termasuk kecendrungan buat bertindak tanpa perasaan. segala hal gw pikirin. kata tanya favorit gw itu 'mengapa' dan 'bagaimana' meskipun pertanyaan2 di otak gw itu belom semuanya kejawab. pokoknya logika. logika nomer 1. di luar logika seakan semua salah. gw kurang gitu bisa menerima sesuatu yang abstrak. misalnya pelajaran agama. trus pelajaran biologi yang baru-baru ini tentang metabolisme, dan menurut gw itu abstrak bgt dan dengan alasan ini sebaiknya gw ngga jadi dokter...daripada ntar waktu kuliahnya gw terus-terusan ganggu dosen dengan pertanyaan 'kok gitu sih pak/bu? tau darimana? yakin tuh?' dan gw ngga terganggu terus-terusan dengan jawaban 'ya emang darisononya!' trus jadinya gw ga belajar kan repot.
gw bener2 seneng memperhatikan segala hal. gw butuh alasan dari setiap kejadian. misalnya darimana orang liat kalo air itu ada hidrogen dan oksigennya? darimana tau kalo elektron di cincin benzena bisa pindah2? gimana caranya mobil bisa jalan? kok bisa manusia punya banyak bahasa yang kompleks? gimana caranya jagad raya terbentuk? kok bisa ada manusia di bumi? kok bisa begini, begitu... salah satu teori konspirasi gw yang uda gw patenkan adalah virus asalnya dari luar angkasa. gw yakin! lalu gw juga yakin ada makhluk hidup lain yang setingkat manusia di suatu tempat di jagad dan pararel lain. alien itu ada! ADA!
gw punya beberapa buku yang isinya kumpulan pertanyaan2 aneh dengan jawaban aneh2nya.bagus kan. gw punya minat buat jadi tau. berbakat jadi researcher. mungkin detektif. banyak juga pertanyaan-pertanyaan gw yang ga bisa dijawab. agama gw kristen. tapi secara gw kurang gt bisa berpikir abstrak, bidang religi ini jadi sasaran empuk untuk bahan pertanyaan-pertanyaan gw. misalnya, kenapa orang bisa percaya sama tulisan2 alkitab, artefak ribuan tahun yang penulisnya bahkan banyak yg ga jelas siapa? gimana kalo artefak itu dulu cuma semacam novel bersambung yang ngetrend di kalangan anak2 muda pada masanya? atau kalo katanya orang yang percaya yesus itu masuk surga. gimana dengan orang-orang yang memang ga pernah kenal samasekali sama Yesus (gw ga mau jawaban makanya sebarkanlah injil). nih, kalo menurut sejarah kan injil yesus disebarkan di awal tahun2 masehi. tapi transpor dan media komunikasi di jaman itu apaan sih. kan ga bisa langsung JREEEEENGGGG 1 dunia tau semua ttg injil. emang kayak sekarang, bisa langsung internetan. trus gimana dengan orang2 jaman itu di belahan bumi lain yang keburu tamat sebelum penyebaran injil sampe ke tempatnya? mereka masuk neraka, gitu? sial amat! lalu gimana dengan warga-warga suku pedalaman yang masih primitif? gimana dengan orang-orang yang mengalami cacat yang menghambat kemampuan berpikir secara total? masa mereka semua masuk neraka?
di antara temen2 sekelas gw yang sama2 kristen, kayaknya gw yang pertanyaannya paling ngawur2 meskipun pertanyaan2 ini ga pernah gw ungkap ke temen2 sekelas gw. kalo gw ungkap mungkin temen2 gw pada shock. gw bisa jadi satu-satunya ateis di kelas. gw ga mau jadi ateis, tapi kalo gini terus lama2 gw bisa ateis... -_-"
apa iya agama itu lebih tinggi dari logika? atau manusia sengaja didoktrin seperti itu? banyak pemikiran2 gw yang sebaiknya bahkan ga ditulis disini karena offensif buat sebagian orang.
gw mikir segala sesuatu ada alasannya, dan hal-hal yang kelihatannya belum bisa dibuktikan kebenarannya berarti butuh penelitian lebih lanjut. beginilah otak kiri yang jauh lebih dominan. dan apakah orang2 berotak kiri lainnya sengaja menekan rasa penasarannya untuk mencari alasan dibalik setiap kejadian untuk bisa beragama?
apa bisa logika dan agama berjalan serasi?

jangan salah. gw percaya Tuhan itu ada. pasti ada. hanya gw ga gitu yakin dengan agama2 yang digunakan untuk mencapai Tuhan dan persepsi gw tentang Tuhan agak berbeda dengan yang selama ini didoktrinkan ke gw.
satu yang pasti gw ga percaya dari alkitab: perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. yang bener aja. ini dongeng! atau paling ngga, kiasan.
apa dosa kalo ada bagian alkitab yang gw ga percaya ky gt?

dan lain lain, lain, lain, lain................................................

No comments: