Monday 22 September 2008

nyontek lagi yaa...

gw mao ngaku dosa.
gw janji ga bakal nyontek lagi try out bulan depan.

rasanya setelah itu ... rasa dosa banget! (y ampun...ternyata gw masih punya rasa dosa)

sabtu kemaren gw ada try out spmb dari tempat les gw. 7 orang dari angkatan gw ikut itu try out. satu ruangan. ga ada yang jaga. suer. akhirnya ya, bisa ditebak. kerja sama dong!
cuma 2 orang yang bener2 ga terlibat dalam konspirasi kita berlima.betul kan? 7 kurang 2 kan 5.
temen gw yg satu kerjain mat, yg satu fisika, bertukar bahasa ind, bertukar igrs, dan gw kerjain kimia sambil bertukar dengan matematika (well...rumus mat kelas 10-11 uda kedelete trus overlap sama rumus2 kimia fisika!) temen di sebelah gw malah uda ga pake permisi langsung nyalin jawaban gw ke kertasnya sendiri. bener2 ga etis tuh.
setelah setengah jalan menyalin matematika (ga semua, yang bner2 gw gatau doang!) tiba2 'dheg'!
otak gw bicara sama gw: lo ngapain? nyontek lagi? kenapa?

*suara2 di otak gw bener2 hiperaktif...*

aduh. gw paling ga tahan sama suara otak gw sendiri. Mungkin ini yang namanya Tuhan melihat, Tuhan tidak setuju, lalu Tuhan berbicara. tepat melalui otak gw. Tuhan marah gara2 gw punya otak bagus2 eh malah minta punya orang.
jadi gw balikin lembar jawab temen gw. dia nanya, 'lo uda selesai nyalinnya?'
yah, anggap aja udah............
gw lirik temen gw yang 2 orang, yang ga terlibat konspirasi. mereka kerjain soal dengan tekun. dan GA PAKE KONSPIRASI. meskipun jawabannya banyak yang bolong2.
saat itu gw bener2 jadi malu sama diri sendiri. malu sama mereka. kok mental gw ga sehebat mereka? kok gw ga punya integritas? kok gw ikut2an yang sesat? ini kan try out. bayar. buat mengetahui kesempatan lolos seseorang ke jurusan yang dia mau. buat latihan. buat tau kekurangan dan kelebihan orang dimana. buat simulasi spmb. bukan buat 5 orang. tes spmb kan sendiri2...
apa iya gw ga ngerasa yakin bisa lolos, jadi kerjasama? apa iya gw ga bener2 niat lolos jadi punya pikiran try out mah BOLEH NYONTEK.
gw bener2 malu. boleh aja try out ga bisa, tapi kalo sampe try out gw lewat passing grade, harga diri gw turun abis2an. kenapa? lolosnya gw dri passing grade itu menyatakan 'nih, lo kagak bisa lolos kalo ga pake kerjasama. mampus lo'. jauh lebih mending gw ga lolos try out tapi kerja jujur. ga lolosnya gw itu bakal menyatakan 'ayo naikin lagi nilainya. belajar lagi.'


ga. gw yakin lolos pake otak gw sendiri. gw ga butuh pinjeman otak orang lain waktu ujian. dan gw bener2 niat lolos. gw harus lolos.

apapun yang terjadi. gw ga boleh kerjasama lagi. kalo sampe gw nyontek atau kerjasama di try out, biar gw ga usah kuliah di itb... (well, klo ini dilanggar, bisa bawa kutukan spt yg gw sebutkan di atas)

susah sih. pertama2 4 orang itu temen2 gw semua. duduknya 1 ruangan. sederetan lagi. dan belon berapa menit mulai, pasti uda ada yang nyeletuk 'aduh gw ga bisa nih.'
lalu kelanjutannya 'nomor ini, ini, dan ini jawabannya apa sih?'
ngomong ga pake bisik2.
betul2 godaan.

apapun, pokoknya gw ga mau ikut kerjasama lagi...
kalo perlu gw kerjainnya sambil denger lagu metal di iPod!

No comments: