Wednesday 7 April 2010

hmhm...

mumpung malem2 dan ga ada kerjaan, sedikit mikirin masa depan ah...
bidang engineering yang kira2 bakal gw tekunin setelah lulus~ biomimetika dan aplikasinya! bisa gak yah dari teknik kimia... hmm =.= bisalah. bisabisabisa...
menurut gw, sistem2 dan mesin2 yang paling perfect diciptakan oleh mother nature : D coba lihat bagaimana alam mendesain metabolisme di tubuh makhluk hidup, atau mendesain supaya burung bisa terbang jauh sebelum manusia punya pesawat terbang...jadi nggak salah kalo teknologi meniru desain alam dalam perkembangannya. frasa back to nature emang ga ada matinya.
yang tadi nggak berkaitan, aslinya ane mo nulis ini. karena ini adalah tulisan tidak berstruktur yang dibuat jam setengah tiga pagi, gw mikir2 pengen bikin instalasi penyulingan air laut. boleh dong ngayal dikit : D air laut ini kan melimpah banget di indonesia, dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan ga akan ada habisnya. jadi ada empat sistem di instalasi punya gw ini (ehem2) yang pertama, pembersihan polutan, pemisahan air laut dari mineral2nya, dan pengolahan masing-masing air dan garam mineral ;) di instalasi gw, sebagian air laut bakal dibersihin dari polutan-polutan macem sampah plus limbah2 gajelas dari hulu sungai dan kemudian dikembalikan ke laut. lumayan, konsentrasi sampah dan zat polutan berkurang. sebagian lagi air yang masuk ke sistem juga dibersihkan sedemikian rupa dari sampah plus limbah2nya, dan selanjutnya ketika murni tinggal air laut yang fresh, air laut masuk ke sistem berikutnya. air dipisahkan dari garam-garamnya (dengan cara apa gw belom tau karena gw belom masuk jurusan...biomimetika dengan meniru osmosis di membran sel oke tuh) sehingga menghasilkan 1. air bersih dan 2. garam dapur! garam dapur ini indonesia masih dikuasai garam impor! hey sodara2, NGIMPOR GITU LOH... lantaran garam dalam negeri jelek kualitasnya. padahal laut indonesia segini luasnya. harus ada yang perbaikin nasib garam indonesia plus petani garamnya... garam bikinan pabrik gw jaminan kualitas impor beryodium harga lokal hehehehehehehehe...
air bersih hasil penyulingan sebagian bakal dialirkan ke daerah pemukiman warga yang kurang air, gratis... dan sebagian lagi dijual dengan tujuan komersil biar teteup ada modal saya, jangan bangkrut... air produksi pabrik saya juga premium quality, bisa langsung diminum, hehehehe...
lokasinya di indonesia ini yaah, di daerah kering deket laut semacam gunungkidul kali ya? warga sana jadi ga susah air lagi : )
dapet darimana energi buat menjalankan sistem sebesar ini?
banyak dong : D sampah organik yang tersaring di sistem pertama bisa dibuatkan sistem biogasnya. atau sekalian gw bikinin tempat daur ulang sampah di sebelahnya? swt... terus energi matahari (pasti!) dan energi laut. mungkin sedikit energi fosil dalam jumlah yang masih dapat ditoleransi, jika efisiensi energi2 yng gw sebutin di atas masih belum sesuai harapan.
meski teknologi instrumentasi dan kontrol udah berkembang banget, gw ga mau terlalu tergantung sama yang begitu. warga sekitar juga harus dapet bagian kerjaan dong...
aduh2. saking senengnya gw karena tumben2nya punya ide yang rada bermutu gini, gw sampe keasikan sendiri dan mulai berpikir ke masa depan yang 'agak deket': tugas akhir gw bakalan perancangan pabrik dan 70% gw bakal pake ide gw yang ini kalo belum ada yang bikin pabrik macem ini... terus kalo udah lulus, bikin aslinya deh :D aslinya nanti, gw bakal kerjasama sama banyak insinyur dan ilmuwan dari beragam bidang, dan pasti juga dengan ahli ilmu2 sosial ~_~ (bekerja sama bukan ngebossin, ga punya cita2 jadi bos)

biayanya darimana yah ngomong2 (kalo dari kantong sendiri beli tanahnya aja kagak mampu) minta sponsor pemerintah? sponsor dari milyuner indonesia? sponsor dari united nation? argh sebodo deeeeh...

2 comments:

Triannisa said...

anir lah kereeeen cita2nyaaa XD
lanjut gan! :D

Gandhi Mahaputra said...

hm...
tante
mau mencoba bio mechanical?
wakakakak
cth aliran darah = mekanika fluida
keep dreaming....